8 Tanda Bayi Lapar

8 Tanda Bayi Lapar

Anda mungkin pernah mendengar, bayi menangis itu pertanda ia lapar. Memang benar adanya. Seperti yang dikatakan Elizabeth LaFleur, R.N, seorang Konsultan Laktasi di website Mayo Clinic, “Menangis merupakan tanda  bayi sudah merasa sangat kelaparan. Semakin cepat Anda memberinya makan, kecil kemungkinan ia akan menangis.”

Menangis akan menghabiskan energi dan membuat bayi lelah. Menangis tanpa bisa dihentikan, membuat Anda sulit menyusuinya.  

Banyak tanda awal yang ia tunjukkan untuk 'mengatakan' bahwa ia lapar dan haus sebelum menangis.  Kenali  beberapa tanda awal bayi sudah merasa lapar:
 
1. Gelisah saat tidur
Pada saat sedang tidur, bayi juga mengalami rasa lapar. Saat sedang lapar, mata bayi akan bergerak  dengan cepat, meski matanya  terpejam. Lalu, ia akan menggeliatkan badan seperti sedang merasa gelisah atau tidak nyaman.

2. Mengisap atau mencecap bibir 
Gerakan pada bibir merupakan tanda yang paling sering ditunjukkan saat bayi merasa lapar. Bayi akan membuka dan menutup mulut seperti ingin makan. Selain itu, ia akan menjulur – julurkan lidah serta menghisap bibirnya sesering mungkin.

3. Memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya  
Bayi menunjukkan rasa laparnya dengan cara memasukkan sesuatu ke dalam mulutnya. Biasanya ia akan mengepalkan telapak tangannya dan  memasukkannya ke dalam mulut. Selain itu, ia juga akan memasukkan benda di sekitarnya seperti baju atau mainan.

4. Menggerakkan tubuh 
Saat bayi lapar, ia akan lebih sering gelisah. Ia akan menggerakkan kepalanya mengarah ke payudara. Ia merentangkan kaki dan tangannya serta membuat gerakan  kecil sebagai tanda bahwa ia sedang gelisah karena lapar.

5. Mencari payudara ibu
Refleks yang biasa muncul saat bayi sedang lapar adalah mencari payudara ibunya. Ia menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan seperti sedang mencari sesuatu. Pada saat ibu menyentuh pipi bayi dengan payudaranya, bayi akan langsung membuka mulutnya dan mengarahkannya pada payudara ibu.

6. Bernapas dengan cepat
Bayi akan bernapas dengan cepat saat  lapar. Hal ini dikarenakan, ia semakin banyak menggerakkan tubuhnya sehingga napasnya menjadi tidak teratur.

7. Meletakkan tangan di atas dada dan perutnya
Bayi akan mengepalkan telapak tangannya, meletakkannya di atas dada atau perutnya. Tak jarang, ia juga akan membuat tekanan – tekanan kecil dengan tangannya ke arah dada ibu.

8. Menangis dan bersuara lirih  
Setelah beberapa tanda itu terlihat, cara terakhir yang akan ia lakukan adalah  menangis. Menangis karena lapar pada bayi, biasanya ditunjukkan dengan suara yang yang kecil, lirih dan frekuensi tangisannya akan lebih sering. Ia akan menangis dengan ritme yang kencang lalu cepat mereda, begitu terus sehingga ia mendapatkan apa yang ia inginkan.

Comments